Ini Dia Tips Bekerja Saat Puasa Agar Tetap Fit dan Produktif

Menjalankan ibadah puasa seharusnya dilakukan tanpa mengganggu aktivitas yang sering dilakukan sehari-hari termasuk bekerja. Sebagai umat muslim, sebaiknya kita tahu bahwa bekerja juga termasuk kedalam ibadah. Jika dikerjakan dapat mendatangkan pahala khususnya ketika bulan ramadhan tiba. Tapi faktanya bekerja ketika bulan ramadhan atau saat puasa tentu akan sangat berbeda, lelahnya lebih terasa. Tapi anda tak perlu khawatir karena sekarang sudah ada tips bekerja saat puasa. Jadi anda bisa tetap produktif meskipun sedang menjalankan ibadah puasa.

3. Ini Dia Tips Bekerja Saat Puasa Agar Tetap Fit dan Produktif ipapa.co .id  - Ini Dia Tips Bekerja Saat Puasa Agar Tetap Fit dan Produktif

5 Tips Bekerja Saat Puasa

Sebenarnya bekerja ketika puasa tidak sesulit yang dibayangkan, asalkan anda tahu tips bekerja saat puasa yang menjadi kuncinya. Jika anda penasaran, mari kita lihat apa saja yang bisa dilakukan saat anda bekerja di bulan puasa ini. Meskipun menjalankan ibadah puasa,m anda juga bisa tetap fit dan produktif dalam pekerjaan.

  1. Jangan Lupa Sahur

Kunci utama supaya anda tetap semangat dan bugar ketika bekerja saat puasa adalah dengan tidak melewatkan makan sahur. Sama seperti sarapan pagi, sahur memiliki peran penting dalam menjaga kebutuhan asupan energi tubuh selama berpuasa sampai waktu berbuka tiba.

Anda dapat memilih mengkonsumsi sumber karbohidrat seperti pasta, nasi, gandum, roti dan agar anda bisa merasakan kenyang lebih lama. Di samping itu, anda juga harus menyertakan sumber protein seperti keju, telur atau daging yang rendah lemak. Agar kecukupan energi anda terpenuhi, jangan sampai lupa anda juga harus mengimbanginya dengan makanan yang memiliki kandungan serat dari buah dan sayur. Hal ini bertujuan untuk membantu kinerja sistem pencernaan tubuh anda.

  1. Kelola Stress

Pekerjaan yang menyita waktu dan juga pikiran, tetapi jangan sampai tanggung jawab anda bekerja di kantor membuat anda tidak nyaman sampai akhirnya stres. Sebab jika anda stres, maka sistem kekebalan tubuh anda bisa rusak dan akhirnya akan meningkatkan risiko anda mudah terserang penyakit. Apalagi saat anda berpuasa, jangan sampai anda stres dan akhirnya sakit. Ada beberapa hal kecil yang bisa anda lakukan seperti meluangkan waktu bersama di hari libur, membaca buku favorit, menonton film atau memanjakan diri dengan merawat tubuh. Ini dapat mengurangi anda dari stres dan lebih rileks.

  1. Jauhi Godaan

Ketika di kantor atau di tempat kerja, anda mungkin akan banyak menemui godaan seperti makanan yang dijual atau rekan kerja anda yang tidak berpuasa dan menyantap makanan ketika bekerja. Hal ini dapat diantisipasi dengan fokus terhadap pekerjaan dan menjauhi berbagai macam godaan. Jangan sampai anda menyimpan makanan di dalam laci meja kerja. Sebab bisa jadi hal ini akan menjadi godaan yang berat ketika berpuasa sambil bekerja.

  1. Istirahat Sebentar Itu Perlu

Ketika anda bekerja, kemungkinan anda akan merasa pegal dan juga letih. Ada baiknya anda meregangkan otot dan rileks sejenak ketika bekerja sambil berpuasa. Sebaiknya jangan memaksakan diri anda bekerja terlalu berat. Istirahatlah ketika anda sudah merasa lelah, dengan beristirahat sebentar maka energi anda akan pulih dan bisa bekerja kembali.

  1. Hindari Konsumsi Kafein

Kafein sering dikonsumsi ketika bekerja agar terhindar dari rasa kantuk. Tetapi hal ini akan semakin berat khususnya ketika anda berpuasa. Sebab anda tidak mungkin bisa minum kopi ketika bekerja saat siang hari. Oleh sebab itu, hindari kafein ketika sahur atau berbuka sebab hal ini dapat mengakibatkan masalah lambung atau dehidrasi.

Bukan hanya di dalam kopi saja, kafein juga bisa ditemui dalam minuman bersoda yang sering diminum ketika berbuka puasa. Oleh sebab itu, bijaksanalah di dalam menerapkan tips bekerja saat puasa serta memilih makanan dan minuman supaya tubuh selalu sehat dan bugar ketika menjalankan ibadah puasa dan juga bekerja.