Tips Berbuka Puasa yang Simpel dan Menyehatkan

Disamping untuk memperhatikan menu saat sahur yang sehat, maka menentukan menu untuk buka puasa juga sangat penting diperhatikan. Setelah lelah seharian menjalankan puasa, maka cairan yang ada di dalam tubuh akan berkurang cukup banyak. Oleh sebab itu, mengembalikannya Anda mulai menghidrasi tubuh Anda. Salah satunya adalah dengan memberikan menu buka puasa yang tepat. Di bawah ini ada tips berbuka puasa yang bisa jadi rekomendasi bagi anda untuk menyajikan menu buka puasa yang tepat.

4. Tips Berbuka Puasa yang Simpel dan Menyehatkan honestdocs.id  - Tips Berbuka Puasa yang Simpel dan Menyehatkan

Tips Berbuka Puasa Sehat dan Menyegarkan

Disamping air, ada minuman yang terbaik yang disajikan untuk menu berbuka puasa. Ini bisa jadi salah satu tips berbuka puasa diantaranya adalah jus buah atau jus sayur seperti pisang, wortel dan apel. Sebaiknya minumlah satu cangkir jus saat berbuka. Hindari konsumsi jus yang di dalamnya mengandung gula tambahan dan juga aditif.

Menu Takjil Buka Puasa

Menurut ahli kesehatan, di dalam memilih takjil harus sehat. Seperti sari buah atau jus alami, sari buah mengandung berbagai macam kandungan serat. Hal ini dapat diserap dengan cepat oleh tubuh, sehingga dapat kembali memberikan energi. Di samping sari buah, anda juga dapat mengkonsumsi buah kurma yang segar. Sebaiknya pilih kurma dengan kulit yang keras supaya kadar seratnya tinggi. Ada berbagai macam pilihan lainnya seperti pemanis madu, sop buah, salad buah segar dan juga agar-agar. Ini bisa menyegarkan tubuh sebelum menyebar menjalankan salat magrib dan juga salat tarawih.

Memilih Makanan Sehat untuk Buka Puasa

Agar dapat mengembalikan energi tubuh yang hilang saat menjalankan puasa sepanjang hari. Maka makanan dan juga minuman manis memang sangat dianjurkan, tetapi sebaiknya jangan asal manis. Menu untuk buka puasa yang dapat dijumpai seperti es cendol, kolak, es teh manis dan juga es sirup. Sebenarnya itu keliru, makanan yang sebaiknya dikonsumsi ketika buka puasa yang baik adalah buah utuh, jus buah, jus sayuran, sayuran mentah, kaldu sayuran, telur, biji-bijian dan kacang-kacangan matang, yogurt ,daging dan susu.

Menu Makanan Berat untuk Buka Puasa

Lauk yang menyehatkan untuk berbuka puasa terdiri dari paduan nutrisi yang cukup. Seperti ikan bakar, ayam panggang atau rebus, aneka sup, tumis sayur, daging bakar, karedok atau pecel dan nasi merah atau kentang. Berbagai jenis menu makanan ini dapat menjadi pilihan, sebab menu ini sangat aman untuk dikonsumsi, terutama bagi pelaku diet yang sedang berpuasa.

Jajanan Sehat Saat Buka Puasa

Saat berbuka puasa menggunakan makanan yang sehat tentu akan baik sekali untuk tubuh. Selama bulan ramadhan, tubuh harus dijaga supaya tetap sehat agar bisa menjalankan ibadah. Caranya anda harus menghindari makanan yang digoreng, pilih makanan jajanan buka puasa dengan jajanan tradisional yang menyehatkan bagi tubuh. Seperti bika ambon, klepon, serabi, apem kukus, kue lumpur, kue pisang atau bisa juga dengan nagasari;.

Jangan Lakukan Kesalahan Ini

Setelah menahan haus dan lapar seharian, buka puasa memang satu hal yang sangat ditunggu-tunggu. Menu makanannya juga sering dihidangkan dengan berbagai menu sesuai selera. Tetapi ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan yang sebenarnya tidak disadari diantaranya adalah:

Porsi makan yang besar adanya perubahan biologis saat berpuasa seharusnya dapat mengontrol nafsu makan. Bila anda terlalu banyak makan saat berbuka puasa, hal ini dapat mengganggu pencernaan. Sehingga perut anda menjadi kram, mual dan juga muntah.

Makan dan juga minum yang terburu-buru juga sering dilakukan, pada hal ini sebuah hal yang keliru karena bisa mengganggu sistem pencernaan anda. Minum kopi ketika berbuka puasa juga tidak disarankan sebab kafein bisa menyebabkan hilangnya cairan tubuh. Agar puasa anda berjalan lancar, maka anda bisa menerapkan tips berbuka puasa yang menyehatkan bagi tubuh. Dengan demikian, kesehatan tubuh anda tetap terjaga meski sedang berpuasa.