Tips Berpuasa Bagi Ibu Hamil yang Aman Sesuai Anjuran Dokter

Berpuasa di bulan Ramadhan menjadi salah satu kewajiban bagi umat muslim yang ada di seluruh dunia. Walaupun ibu hamil mempunyai kelonggaran untuk tidak menjalankan puasa, namun ibadah ini sebenarnya masih dapat dilakukan bila kondisi tubuh, kandungan serta janin sehat. Agar ibu hamil bisa menjalankan puasa, maka ada beberapa tips puasa bagi ibu hamil yang bisa diikuti sesuai anjuran dokter.

5. Tips Berpuasa Bagi Ibu Hamil yang Aman Sesuai Anjuran Dokter idntimes.com  - Tips Berpuasa Bagi Ibu Hamil yang Aman Sesuai Anjuran Dokter

Inilah Tips Berpuasa Bagi Ibu Hamil yang Aman

Di dalam sebuah penelitian dinyatakan bahwa ibu hamil yang ikut menjalankan puasa selama bulan Ramadhan ternyata tidak memberikan pengaruh panjang, berat dan juga ukuran kepala janin. Walaupun demikian, memang ada sedikit peningkatan risiko bayi yang terlahir dengan berat badan rendah jika ibu hamil menjalankan puasa pada kehamilan trimester 2 dan 3. Untuk itu, anda bisa menerapkan tips berpuasa bagi ibu hamil agar kondisi kandungan selalu terjaga dan mendapatkan nutrisi yang cukup.

Cukupi Kebutuhan Air Putih Ketika Sahur

Seperti yang kita tahu, air putih adalah salah satu kandungan yang penting untuk tubuh dan kehidupan. Khususnya bagi ibu hamil yang sedang berpuasa. Dengan selalu menjaga kandungan air putih yang cukup ketika sahur dan juga berbuka, tentu hal ini akan menghindari dampak dehidrasi ketika anda menjalankan puasa seharian.

Jaga Kandungan Karbohidrat Kompleks dan Juga Serat Ketika Sahur

Ada beberapa orang yang merasa mereka kuat berpuasa seharian meskipun tidak menyantap makan sahur. Tetapi meskipun makan sahur hukumnya sunnah bila berpuasa ketika kondisi sedang hamil maka usahakan untuk selalu menyantap makan sahur dengan kandungan gizi yang baik. Sebab ini bukan hanya mengenai yang sang ibu yang kuat untuk berpuasa, tetapi anda juga harus memperhatikan gizi yang tetap tersalurkan bagi sang janin saat berpuasa seharian.

Ibu hamil yang berpuasa tentu akan merasa lebih cepat lapar, sebab asupan gizi dibagi dengan sang buah hati. Oleh sebab itu, kandungan karbohidrat kompleks ketika sahur penting sekali guna menjaga tubuh kenyang lebih lama. Di samping kandungan karbohidrat kompleks, menjaga kandungan serat saat sahur juga penting seperti buah-buahan dan juga sayuran untuk melancarkan BAB selama menjalankan ibadah puasa. Untuk ibu hamil yang tidak lancar BAB tentu dapat mengakibatkan gangguan wasir. Untuk itu, cukupi kebutuhan serat harian meskipun saat berpuasa.

Jaga Metabolisme Dengan Madu

Berpuasa ketika kondisi sedang hamil akan lebih ringan bila anda mengkonsumsi madu ketika sahur dan berbuka. Madu memang dipercaya bisa melancarkan BAB dan menjaga kelembaban tubuh supaya tidak dehidrasi. Selain itu, madu juga berfungsi untuk menjaga keseimbangan metabolisme tubuh. Dengan demikian, anda tidak akan cepat lemas saat berpuasa.

Susu Untuk Menambah Energi

Di samping mengkonsumsi berbagai macam makanan yang bergizi, anda juga bisa menambah simpanan tenaga selama seharian berpuasa dengan mengkonsumsi susu ketika sahur. Sehingga energi anda akan bertambah dan tidak akan cepat merasa lemas. Selain itu, ibu hamil yang berpuasa tentu akan lebih mudah merasa letih. Sehingga anda harus memastikan tetap beristirahat yang cukup selama menjalankan ibadah puasa supaya tidak drop saat di bulan Ramadhan.

Ibu hamil yang menjalankan ibadah puasa harus mewaspadai gejala dari berbagai kondisi yang mungkin bisa membahayakan janin. Seperti demam, pusing, lemas, muntah, bibir kering, lelah atau merasa sangat haus Jika berbagai macam gejala tersebut timbul, berarti ini menandakan bahwa ibu hamil mengalami dehidrasi. Untuk itu, tips berpuasa bagi ibu hamil yang kami sampaikan ini akan sangat membantu mencukupi kebutuhan nutrisi ,energi dan juga kebutuhan gizi selama berpuasa.