Tips Berpuasa Bagi Ibu Menyusui yang Wajib Anda Tahu

Bagi ibu menyusui, puasa sebenarnya tidak menjadi alasan untuk tetap memberikan ASI yang cukup bagi bayinya. Dengan menerapkan perencanaan yang baik, maka ibu menyusui masih tetap bisa berpuasa serta memberikan ASI dengan lancar. Oleh sebab itu, anda bisa menyimak tips berpuasa bagi ibu menyusui yang akan kami bagikan berikut ini.

6. Tips Berpuasa Bagi Ibu Menyusui yang Wajib Anda Tahu SolusiSehatku.com  - Tips Berpuasa Bagi Ibu Menyusui yang Wajib Anda Tahu

Sebenarnya berpuasa tidak menjadikan anda kekurangan asupan makanan. Hanya waktu makan yang berubah. Bila memanfaatkan waktu berbuka dan juga sahur dengan konsumsi makanan yang cukup kandungan kalori serta nutrisinya. Maka anda tidak kekurangan nutrisi sehingga produksi ASI tidak terganggu. Untuk itu, anda harus menerapkan tips berpuasa bagi ibu menyusui agar anda pandai memilih makanan ketika berbuka dan sahur.

Inilah Tips Berpuasa Bagi Ibu Menyusui

Ada beberapa tips yang bisa anda ikuti agar tetap bisa menjalankan ibadah puasa meskipun sedang dalam kondisi menyusui bayi. Apa saja itu? Berikut penjelasan lengkapnya.

Konsultasikan Pada Dokter

Sebelum anda menjalankan ibadah puasa, terlebih dahulu anda harus berkonsultasi kepada dokter. Hal ini diperlukan bila kondisi bayi dan juga ibu memungkinkan, maka dokter tentu akan memperbolehkan ibu menjalankan ibadah puasa selama bulan Ramadhan.

Usia harus menjadi pertimbangan yang perlu diperhatikan. Jika usia bayi sudah lebih dari 6 bulan, maka puasa untuk ibu menyusui bisa dilakukan. Tetapi bila bayi dibawah 6 bulan maka sebaiknya anda belum berpuasa. Karena anda harus memberikan ASI eksklusif untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi anda.

Jaga Nutrisi Makanan

Ibu menyusui dianjurkan makan paling tidak tiga kali ketika tidak berpuasa. Dengan komposisi nutrisi yang terdiri dari 20% lemak, 50% karbohidrat dan 30% protein. Ibu juga bisa menambah frekuensi makan asalkan ini tidak mengganggu kenyamanan ibu saat tidur.

Tetap Berikan ASI Ketika Bayi Menginginkannya

Bila anda berpikir bahwa memberikan ASI terlalu sering kepada bayi ketika anda berpuasa bisa membuat produksi ASI berkurang. Ini adalah persepsi yang salah, justru semakin sering memberikan ASI, maka semakin banyak ASI yang dihasilkan tubuh. Sebab isapan bayi pada payudara ibu menjadi salah satu kunci supaya ASI lancar diproduksi. Jadi anda tak perlu khawatir akan kekurangan produksi ASI selama menjalankan ibadah puasa.

Istirahatlah Dengan Cukup

Istirahat juga sangat dibutuhkan ketika berpuasa, hal ini diperlukan supaya stamina tubuh anda selalu bugar dan tidak lemas saat menjalankan puasa. Anda mungkin perlu tidur siang hari untuk menghemat energi supaya tetap kuat menjalankan ibadah puasa. Disamping itu, anda juga bisa mengurangi aktivitas berat serta olahraga ketika berpuasa. Anda juga harus tetap di rumah ketika cuaca sedang panas dan lembab.

Banyak Minum Air Putih

Di samping harus memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi, maka asupan cairan untuk kebutuhan tubuh juga harus diperhatikan ketika ibu menyusui sedang menjalankan ibadah puasa. Hal ini sangat penting untuk dilakukan karena bertujuan supaya anda terhindar dari dehidrasi ketika berpuasa. Dehidrasi yang terjadi pada ibu menyusui artinya bisa mengganggu produksi ASI. Oleh sebab itu, anda harus minum air putih paling tidak 8 gelas sehari. Ini dapat dibagi 3 gelas ketika berbuka puasa, dua gelas sebelum tidur, dan 3 gelas ketika sahur.

Anda juga harus ingat bahwa delapan adalah angka minimal, bisa jadi anda mungkin memerlukan lebih dari 8 gelas agar mencukupi kebutuhan cairan. Karena masing-masing orang tentu akan berbeda kebutuhan cairannya. Bila anda mengalami tanda-tanda dehidrasi seperti urine berwarna kuning dan cenderung gelap, merasa kehausan, jarang buang air kecil, sakit kepala, dan merasa lemah. Maka sebaiknya anda membatalkan puasa dengan minum air putih lalu beristirahat.

Dengan menerapkan berbagai macam tips berpuasa bagi ibu menyusui yang sudah disampaikan diatas. Maka anda tetap bisa menjalankan ibadah puasa dan anda juga bisa menyusui bayi anda dengan produksi ASI yang lancar.